Kamis, 29 Januari 2015

PATROLI HUTAN MANGROVE DI DESA JARING HALUS STABAT

PATROLI HUTAN MANGROVE DI DESA JARING HALUS STABAT -Merupakan Program Wisata Adventure bersama Starshaere Tour and Travel bekerjasama dengan BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Stabat.

Desa Jaring Halus Stabat
Desa Jaring Halus Stabat
Jaring halus merupakan suatu pulau yang ada di Stabat Sumatera Utara, belum banyak orang mengetahui tempat yang kaya dengan hutan mangrove nya ini. Untuk mencapai ke Desa Jaring Halus membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan, dan untuk menyebrang membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dengan menggunakan boat penumpang.

Desa Jaring Halus
Tempat ini merupakan salah satu tempat konservasi yang terus digalang karena banyak pulau yang ada disekitarnya tenggelam dikarenakan abrasi seperti halnya pulau tapak kuda. Tempat ini merupakan tempat yang indah dimana Mangrove sudah menjadi tetangga dari masyarakat. Terkecuali masyarakat awam yang tidak mengerti akan pentingnya mangrove, mereka akan menebangi mangrove bahkan masih banyak masyarakat yang memburu Buthong (Sejenis Penyu) yang langka di desa ini.

Bekerjasama dengan BKSDA (Badan Konservsi Sumber Daya Alam ) maka semakin terbentuklah pemberdayaan alam di masyarakat. Banyak sekali potensi yang bisa menjadi lahan pendapatan masyarakat dengan adanya mangrove (bakau) di desa ini. Salah satu contohnya semakin banyak ikan-ikan yang berkembang biak ditempat ini. 


Star Shaere Tour And Travel, berkomitmen untuk terus mengkampanyekan pemberdayaan masyarakat dengan meniru Negara yang sudah maju potensi wisatanya untuk menjadi potensi wisata yang pesat, seperti Langkawi Malaysia dengan potosni Elangnya. Dan di pulau ini juga bisa dibuat wisata Melihat Lumba -  Lumba seperti yang ada di Bali. Jadi kita tak perlu jauh-jauh lagi ke Bali atau ke Luar Negeri.

Mangrove Jaring Halus
Dengan adanya pemberdayaan kelestarian lingkungan, hal tersebut semakin meningkatkan potensi alam, seperti Lumba-lumba yang akan menjadi penghias dan daya tarik bagi tempat ini, dan inti pemberdayaan akan terus di lakukan tanpa menghilangkan pendapatan masyarakat.

PROMO OPENING 
Program Mangrove And Dolphin Patrols 2D1N
Biaya 500.000 IDR / Org (max 10 org)

Kegiatan :

  1. Dengan menggunakan boat masyarakat peserta akan diajak untuk menjelajah hutan mangrove, melihat aktivitas burung - burung, melihat tempat makan burung elang (eagle feeding) dan terus mengitari hutan mangrove.
  2. Melihat aktivitas lumba-lumba yang selalu mencari makan di sekitaran para nelayan dan bermain di jaring-jaring nelayan yang sudah hidup berdampingan semenjak adanya pulau Jaring Halus.
  3. Sebagai tanda sudah tiba di Jaring Halus peserta akan diberikan 1 buah bibit Mangrove yang akan ditanam bersama-sama kemudian kegiatan selanjutnya peserta akan diajak ikut menangkap udang dengan masyarakat dan hasilnya dimakan bersama.
  4. Menginap di titik patrol hutan Mangrove
  5. Patroli malam hari di hutan mangrove, melihat aktivitas Buthong (hewan Langka) di malam hari.
  6. BBQ dan Api unggun.


-  Ecology Tourism  and Culture, Pemberdayaan Masyarakat dan potensi alam yang menjadikan kita lebih mengerti akan pentingnya kelestarian alam, hal tersebut lah yang akan diajarkan pada Pengunjung dan peserta program ini. Pemahaman dari sejak dini akan menjadikan manusia lebih sadar dan termotivasi untuk menjaga dan melestarikan alam yang kita cintai.

Jika anda berminat hubungi kami :
CP : 081396317842
Pin : 25B09811

Tidak ada komentar:

Posting Komentar